Sunday, September 25, 2011

RPP : Menyusun Persamaan Kuadrat Baru

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas / Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 45 menit
clip_image001
Standar Kompetensi
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
Kompetensi Dasar
Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
Indikator
Siswa dapat :
1. Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui,
2. Menyusun persamaan kuadrat yang hasil jumlah dan hasil kali akar-akarnya diketahui,
Tujuan Pembelajaran
Menyusun dan menyelesaikan persamaan kuadrat yang akar-akarnya atau hasil jumlah dan hasil kali akar-akarnya diketahui.
Materi Ajar
Persamaan Kuadrat
Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab,pembelajaran berbasis masalah

Langkah-langkah Kegiatan
No. Kegiatan Waktu
1 Pendahuluan 7
Apersepsi : Mengingat kembali tentang akar persamaan kuadrat. Dibuat sebuah pertanyaan kemudian ditunjuk siswa untuk mengerjakannya.
Soal:
clip_image003=>Jawab:clip_image005
clip_image007 =>Jawab:clip_image009
Motivasi : Siswa sudah bisa mencari akar-akar persamaan kuadrat. Siswa ditanya bagaimana kalau diketahui akarnya, ditanyakan persamaan kuadratnya?
2. Kegiatan Inti
a. Dari pertanyaan pada awal pembelajaran yang sudah diperoleh akar-akarnya, dibuat pertanyaan untuk mencari persamaan kuadratnya.
Tentukan persamaan kuadrat jika diketahui akar-akarnya:
a. clip_image011
b. clip_image013
3
b. Siswa diajak membuat rumusan cara menentukan persamaan kuadratnya jika diketahui akar-akarnya.
Diperoleh: clip_image015
5
c. Setelah siswa menemukan rumusan cara menentukan persamaan kuadrat dengan diketahui akar-akarnya, siswa diberi soal untuk mencari persamaan kuadrat. Beberapa siswa diminta mengerjakan di papan tulis.
a. clip_image017
b. clip_image019
c. clip_image021
Jawab:
a. clip_image023
b. clip_image025
c. clip_image027
10
d. Kemudian siswa diberi problem, bagaimana jika yang diketahu hasil jumlah dan hasil kali akar-akarnya? 3
e. Siswa diajak membuat rumusan cara menentukan persamaan kuadratnya jika diketahui hasil jumlah dan hasil kali akar-akarnya.
clip_image0290
clip_image031
clip_image033
5
f. Setelah siswa menemukan rumusan cara menentukan persamaan kuadrat dengan diketahui akar-akarnya, siswa diberi soal untuk mencari persamaan kuadrat. Beberapa siswa diminta mengerjakan di papan tulis
a. clip_image035
b. clip_image037
c. clip_image039
Jawab:
a. clip_image035[1]
clip_image041
b. clip_image037[1]
clip_image043
c. clip_image039[1]
clip_image045
7
3. Penutup 5
Guru memberikan tugas utnuk siswa yaitu pada LKS.

SUMBER DAN ALAT BELAJAR
  1. Sumber
1. Gumilar, Hendi. 2008. Matematika 1 kelompok seni, pariwisata, dan teknologi kerumahtanggaan: untuk kelas X SMK. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
  1. Alat
1. Papan tulis (whiteboard)
2. Buku pegangan
3. Spidol boardmaker
Surakarta, 19 Agustus 2010
Guru Pamong,
Susilo Satanti
Praktikan,
Akbar Abdillah

No comments:

Post a Comment