Ni RPP yang dulu ku buat waktu ngajar di SMA5 Surakarta. Klo mau versi Ms.Word, klik disini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas / Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 45 menit
Standar Kompetensi
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar dan logaritma
Kompetensi Dasar
Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma
Indikator
Siswa dapat :
1. Mengetahui dan menggunakan sifat-sifat logaritma.
Tujuan Pembelajaran
1. Menggunakan sifa-sifat logaritma.
Materi Ajar
Bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
Metode Pembelajaran
Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction-PBI)
Langkah-langkah Kegiatan
Pendahuluan
a. Apersepsi : Mengingat kembali mengenai notasi logaritma yaitu dengan:
a = bilangan pokok atau basis,
b = numerus (yang dicari nilai logaritmanya), b > 0
c = hasil logaritma
b. Diingatkan kembali bahwa
Kegiatan Inti
c. Siswa diberikan sifat tentang penjumlahan pada logaritma. Dijelaskan kepada siswa bahwa logaritma yang bisa dijumlahkan adalah logaritma dengan basis atau bilangan pokok yang sama. Contoh dengan .
d. Diberikan kepada siswa bahwa sifat penjumlahan logaritma adalah
e. Siswa dicontohkan mencari hasil penjumlahan dari
f. Siswa diberi soal untuk dikerjakan!
g. Siswa diberikan sifat tentang pengurangan pada logaritma. Dijelaskan kepada siswa bahwa logaritma yang bisa dikurangkan adalah logaritma dengan basis atau bilangan pokok yang sama. Contoh dengan .
h. Diberikan kepada siswa bahwa sifat penguranganan logaritma adalah
i. Siswa dicontohkan mencari hasil penjumlahan dari
.
j. Siswa diberi soal untuk dikerjakan!
k. Siswa diberikan sifat tentang perpangkatan dari numerus. Contoh
l. Diberikan kepada siswa bahwa sifat perpangkatan numerous adalah
m. Siswa dicontohkan penggunaan sifat tersebut:
n. Siswa diberi soal untuk dikerjakan!
o. Siswa diberikan sifat tentang perpangkatan basis. Contoh
p. Diberikan kepada siswa bahwa sifat perpangkatan numerous adalah
q. Siswa dicontohkan penggunaan sifat tersebut:
r. Siswa diberi soal untuk dikerjakan!
s. Siswa diberikan sifat tentang gabungan perpangkatan basis dan perpangkatan numerus. Contoh
t. Diberikan kepada siswa bahwa sifat perpangkatan numerous adalah
u. Siswa dicontohkan penggunaan sifat tersebut:
v. Siswa diberi soal untuk dikerjakan!
w. Diberikan kepada siswa bahwa sifat :
x. Siswa dicontohkan penggunaan sifat tersebut:
Penutup
a. Guru menuliskan kembali kesimpulan dari pelajaran yang telah dilaksanakan. Yaitu IV sifat yang diperoleh:
b. Guru memberikan PR untuk siswa yaitu soal dari guru.
SUMBER DAN ALAT BELAJAR
- Sumber
2. Yanti Mulyati, Ai Tatiarsih, Tisna Sudrajat.2006. MATEMATIKA JILID 1. Jakarta: Piranti Darma Kalokatama
- Alat
2. LKS
3. Buku pegangan
Surakarta, 12 November 2010
Guru Pamong, Praktikan
Susilo Satanti Akbar Abdillah
Mau lihat RPP yang lain, lihat di tugasQ
No comments:
Post a Comment