Saat  dulu PPL, sampai sekarang kalau ngelesi, logaritma termasuk bab yang  sulit buat anak2 SMA. Susah sifatnya lah.. Gag tau harus gimana lah..  Dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ku jadi berpikir gimana caranya  biar anak2 bisa ngerti cara ngerjain logaritma. Susah emank, dlu pas SMA  ku juga ga ngerti soalnya..hehehe..
Setelah  kuliah di matematika, walau kuliahnya ga berhubungan dengan logaritma,  tapi ide berpikirnya ternyata sama. Bahkan bisa dibilang semua  permasalahan matematika cara menyelesaikannya sama., yaitu apa yg diketahui dan apa yang ditanyakan. Selalu begitu. Maka dari itu pas kita SD ato SMP dering disuruh tulis ‘Diketahui’ dan ‘Ditanyakan’ kan?..
Kembali ke logaritma. Ada beberapa jenis permasalahan logaritma. Tapi yang sering ku jumpai itu adalah menyederhanakan dan menghitung nilai suatu logaritma dengan diketahui nilai beberapa logaritma.
Untuk  menyelesaikan kedua jenis permasalahan tersebut, pertama kita harus tau  sifat2 logaritma, dan menurut ku mengingatnya bukanlah hal yg terlalu  rumit. Misal:
1. dapat diingat dengan bahwa kalau ditambahkan jadi dikalikan.
 dapat diingat dengan bahwa kalau ditambahkan jadi dikalikan.
2. dapat diingat dengan kalau dikurang jadi dibagi.
 dapat diingat dengan kalau dikurang jadi dibagi.
3. dapat diingat dengan pangkat DEPAN maju jadi DI BAWAH, dan pangkat BELAKANG maju jadi DI ATAS. Atas menunjukkan pembilang dan bawah menunjukkan penyebut.
 dapat diingat dengan pangkat DEPAN maju jadi DI BAWAH, dan pangkat BELAKANG maju jadi DI ATAS. Atas menunjukkan pembilang dan bawah menunjukkan penyebut.
4. dapat diingat dengan belakang jadi logaritma di atas dan depan jadi logaritma di bawah, dan p menyesuaikan dengan soal.
 dapat diingat dengan belakang jadi logaritma di atas dan depan jadi logaritma di bawah, dan p menyesuaikan dengan soal.
5. dapat diingat dengan logaritma kalau mau dibalik ya se-per-nya.
 dapat diingat dengan logaritma kalau mau dibalik ya se-per-nya.
Untuk sifat yang pertama ini seharusnya semua siswa SMA sudah bisa. Misal
 . Hal ini juga berlaku sebaliknya, yaitu
. Hal ini juga berlaku sebaliknya, yaitu  . Ingat bahwa semua sifat itu berlaku sebaliknya.
. Ingat bahwa semua sifat itu berlaku sebaliknya.
Oke, sekarang masuk ke tahap pengerjaan.
Kedua permasalahan tersebut, langkah pertama untuk menyelesaikannya adalah MEMBUAT SEMUA BILANGANNYA MENJADI BILANGAN BERPANGKAT. Misal kita buat menjadi
 kita buat menjadi 
Kemudian dengan menggunakan sifat 3, pangkatnya kita ‘majukan’, sehingga diperoleh

Apabila ada bilangan yang tidak bisa dipangkatkan, UBAH MENJADI BENTUK PERKALIAN. Misal kita ubah menjadi
  kita ubah menjadi 
Kemudian, karena kalau tambah jadi kali maka kali jadi tambah. Sehingga Dan selanjutnya, dengan sifat 3, diperoleh 2.
Dan selanjutnya, dengan sifat 3, diperoleh 2.
Tetapi, jika bilangan didepan tidak bisa dipangkatkan, misal maka kita tetap jadikan bentuk perkalian, yaitu
maka kita tetap jadikan bentuk perkalian, yaitu 
Kemudian, kita gunakan sifat 4, sehingga diperoleh dengan nilai p yang nanti akan kita ganti sesuai dengan ‘kebutuhan soal’.
 dengan nilai p yang nanti akan kita ganti sesuai dengan ‘kebutuhan soal’.
Selajutnya, dengan sifat 1 dan 3 diperoleh
Itulah dasar-dasar dalam mengerjakan permasalahan logaritma. Berikutnya kita akan mengimplementasikan kedalam soal yang biasanya keluar..^_^
1.
 dapat diingat dengan bahwa kalau ditambahkan jadi dikalikan.
 dapat diingat dengan bahwa kalau ditambahkan jadi dikalikan.2.
 dapat diingat dengan kalau dikurang jadi dibagi.
 dapat diingat dengan kalau dikurang jadi dibagi.3.
 dapat diingat dengan pangkat DEPAN maju jadi DI BAWAH, dan pangkat BELAKANG maju jadi DI ATAS. Atas menunjukkan pembilang dan bawah menunjukkan penyebut.
 dapat diingat dengan pangkat DEPAN maju jadi DI BAWAH, dan pangkat BELAKANG maju jadi DI ATAS. Atas menunjukkan pembilang dan bawah menunjukkan penyebut.4.
 dapat diingat dengan belakang jadi logaritma di atas dan depan jadi logaritma di bawah, dan p menyesuaikan dengan soal.
 dapat diingat dengan belakang jadi logaritma di atas dan depan jadi logaritma di bawah, dan p menyesuaikan dengan soal.5.
 dapat diingat dengan logaritma kalau mau dibalik ya se-per-nya.
 dapat diingat dengan logaritma kalau mau dibalik ya se-per-nya.Untuk sifat yang pertama ini seharusnya semua siswa SMA sudah bisa. Misal
 . Hal ini juga berlaku sebaliknya, yaitu
. Hal ini juga berlaku sebaliknya, yaitu  . Ingat bahwa semua sifat itu berlaku sebaliknya.
. Ingat bahwa semua sifat itu berlaku sebaliknya.Oke, sekarang masuk ke tahap pengerjaan.
Kedua permasalahan tersebut, langkah pertama untuk menyelesaikannya adalah MEMBUAT SEMUA BILANGANNYA MENJADI BILANGAN BERPANGKAT. Misal
 kita buat menjadi
 kita buat menjadi 
Kemudian dengan menggunakan sifat 3, pangkatnya kita ‘majukan’, sehingga diperoleh

Apabila ada bilangan yang tidak bisa dipangkatkan, UBAH MENJADI BENTUK PERKALIAN. Misal
 kita ubah menjadi
  kita ubah menjadi 
Kemudian, karena kalau tambah jadi kali maka kali jadi tambah. Sehingga
 Dan selanjutnya, dengan sifat 3, diperoleh 2.
Dan selanjutnya, dengan sifat 3, diperoleh 2.
Tetapi, jika bilangan didepan tidak bisa dipangkatkan, misal
 maka kita tetap jadikan bentuk perkalian, yaitu
maka kita tetap jadikan bentuk perkalian, yaitu 
Kemudian, kita gunakan sifat 4, sehingga diperoleh
 dengan nilai p yang nanti akan kita ganti sesuai dengan ‘kebutuhan soal’.
 dengan nilai p yang nanti akan kita ganti sesuai dengan ‘kebutuhan soal’.Selajutnya, dengan sifat 1 dan 3 diperoleh

Itulah dasar-dasar dalam mengerjakan permasalahan logaritma. Berikutnya kita akan mengimplementasikan kedalam soal yang biasanya keluar..^_^

 
lumayan membantu nih, makasih penjelasannya.
ReplyDeletethank u..:)
ReplyDeleteada wa kah gan
Deletesaya mau nanya klo ada soal 27 log 2 =a , 2log5 =b maka nilai 45 log 90=.....
ReplyDeleteyang saya tanyakan untuk nilai p nya bagaimana cara menentukannya
maaf, p nya yang mana ya? terus 27 log 2 itu maksudnya 27log2 atau 27xlog2 (27 diatas log atau di depan log)?
Deletemau nanya, kalo misalkan diketahui log 2 =0,3010 ,log3=0,4771 , log 7 = 0,8451. menentukan log 18, caranya gmn ?
ReplyDeleteLog 18 = log 2.9
Delete= log 2+log 3+log 3
= 0,3010+0,4771+0,4771
= 1,2552
Bener atau salah sob?
terimakasih sangat membantu!
ReplyDeleteI love u
ReplyDeletehehe SOE Kk,lg iseng TD,Kk
ReplyDeleteminta tolong dong ajarin soal logaritma Dan eksponen buat sbmptn...nz kkak kuliah dmana...
thanks,,, membantu banget...
ReplyDeletethank you brother
ReplyDeleteThank youuuu wo ai ni !!!
ReplyDeletebagus nih saya baru bljar materi ini
ReplyDeletesekeras apapun gua belajar log...ga pernah ngerti :'v
ReplyDeleteterimakasih materinya membantu banget meskipun ngertinya cuma dikit" hehehehe
ReplyDeletemau nanya dong kak, kalo 2.^2log3 + ^2log1/8 - ^2log9/2 =..... pake sifat yg mana ya?
ReplyDeleteDik 27log2=a
ReplyDelete2log5=b
Dit 45log90=
Sangat membantu
ReplyDeleteThank's Bray..
ReplyDeletesangat membantu,terima kasih
ReplyDeletesangat membantu,terima kasih
ReplyDeleteAlhamdullilah agak lancar belajar algoritma nya trimaksih broo,,,
ReplyDeleteBagus sekali cara mengerjakannya dan mudah dipahami
ReplyDeleteBagus sekali cara mengerjakannya dan mudah dipahami
ReplyDeleteGg ni...kerenlah
ReplyDeleteMakasihhh
ReplyDeleteDuarrrr
Deletep kok sesuai dengan kebutuhan soal maksudnya apa kak, kalau ada 2 dan 3 kita pakai mana
ReplyDelete