Tuesday, January 24, 2012

Tips Belajar : Menyelesaikan Persamaan Kuadrat -1

Bagi siswa SMA kelas 1, mungkin persamaan kuadrat adalah materi yang baru saja dipelajari dan masih diingat dengan cukup baik. Tapi tampaknya masih banyak siswa yang kebingungan saat menyelesaikan persamaan kuadrat. Kelas 3 juga sering lupa dengan bagaimana menyelesaikan permasalahan ini. Katanya sih lupa karena udah lama..hehe.. Kalau begitu,  yuk kita cari tahu bagaimana cara menyelesaikan persamaan kuadrat.

Pertama, kalian harus tahu dulu yang seperti apa yang disebut persamaan kuadrat. Biar gampang, persamaan kuadrat itu yang ada x kuadrat. Misal :




kalau seperti ini,

bukan persamaan kuadrat, tapi fungsi kuadrat. Jadi, persamaan kuadrat itu yang ada x kuadrat dan sama dengan nol (=0). 

Terus, bagaimana cara menyelesaikannya? Yang namanya penyelesaian persamaan kuadrat artinya mencari nilai x yang kalau dimasukkan hasilnya sama dengan nol.

Selanjutnya, cara mncari penyelesaiannya ada beberapa cara. Pertama, dengan pemfaktoran. Artinya kita buat menjadi dua buah perkalian. Misal:

Bentuk yang ada tanda kurungnya itu yang disebut pemfaktoran. Kalian pasti bertanya dari mana bisa dapat +1 dan +3 itu. Caranya adalah dengan melihat angka terakhirnya. Pada persamaan diatas, angka terakhirnya adalah angka 3. Coba kita pikirkan, 3 itu perkalian angka apa dengan angka apa? Tentu kalian tahu bahwa 3=3 x 1 dam 3= (-3) x (-1). Berarti kita peroleh dua pasang angka, yaitu angka 3 dan 1 serta angka (-3) dan (-1). Sekarang, kalian lihat angka di tengah. Ada angka 4. diantara kedua pasangan angka itu, mana yang kalau dijumlahkan hasilnya sama dengan 4? Tentu adalah 3 dan 1 karena 3+1=4 sedangkan (-3)+(-1)=(-4). Jadi, kita pilih angka 1 dan 3 sebagai bilangan faktornya..

Setelah itu, tinggal kita pisahkan masing2. x+1=0 dan x+3=0.
Penyelesaiannya adalah :
x+1=0  ==> x =(-1)
   atau
x+3=0  ==> x =(-3)

Jadi, penyelesaian persamaan adalah x = (-1) atau x = (-3). Coba kalian masukkan nilai x tersebut ke persamaan, maka hasilnya sama dengan nol..

Selanjutnya, untuk dan coba kalian kerjakan dengan cara yang sama. :)

Kalau benar, maka hasil pemfaktorannya akan seperti ini:
 

 dan

 Sekarang coba kerjakan kembali soal2 dibuku kalian ya..:)

 Kalau kalian sudah mahir dengan cara pertama, kita coba untuk permasalahan yang dikerjakan denga cara kedua. Dengan rumus ABC.

Kalau mau latihan, bisa ambil di Soal Persamaan dan Fungsi Kuadrat

No comments:

Post a Comment