Sunday, September 25, 2011

RPP : Menyusun Persamaan Kuadrat Baru

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas / Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 45 menit
clip_image001
Standar Kompetensi
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
Kompetensi Dasar
Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
Indikator
Siswa dapat :
1. Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui,
2. Menyusun persamaan kuadrat yang hasil jumlah dan hasil kali akar-akarnya diketahui,
Tujuan Pembelajaran
Menyusun dan menyelesaikan persamaan kuadrat yang akar-akarnya atau hasil jumlah dan hasil kali akar-akarnya diketahui.
Materi Ajar
Persamaan Kuadrat
Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab,pembelajaran berbasis masalah

RPP Menentukan Sumbu Simetri dan Titik Puncak

Ni RPP yang dulu ku bikin buat ngajar di SMA5 Surakarta. Klo mau versi Ms. Word, download disini
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas / Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 45 menit
Standar Kompetensi
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
Kompetensi Dasar
Menggambar fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
Indikator
Siswa dapat :
1. Menentukan sumbu simetri dan titik puncak fungsi kuadrat.
Tujuan Pembelajaran
Menentukan sumbu simetri dan titik puncak fungsi kuadrat.
Materi Ajar
Persamaan Kuadrat
Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab,pembelajaran berbasis masalah
Uraian MATERI
a) Pengertian
Setiap persamaan kuadrat clip_image003 ,clip_image005dengan clip_image007, maka memiliki akar-akar persamaan. Berdasarkan suatu persamaan kuadrat yang telah diketahui, dapat disusun suatu persamaan kuadrat baru dengan kondisi tertentu.
1) Akar-akarnya n lebihnya dari akar persamaan kuadrat
Misalkan clip_image003[1] memiliki akar-akar clip_image009 dan clip_image011. Jika persamaan kuadrat yang baru kita misalkan memiliki akar p dan q, maka clip_image013 dan clip_image015. Sehingga jika kita gunakan rumus menyusun persamaan kuadrat dengan hasil jumlah dan hasil kali, diperoleh:
clip_image017
clip_image019
Contoh:
Diketahui persamaan kuadrat clip_image021 dimana akar-akarnya p dan q. Tentukan persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya adalah sebagai berikut:
a) clip_image023 dan clip_image025
Jawab:
Dari persamaan kuadrat, diperoleh clip_image027 dan clip_image029
a) Dengan membuat persamaan kuadrat dengan ketentuan clip_image023[1] dan clip_image025[1], diperoleh:
clip_image031
clip_image033
clip_image035
clip_image037
clip_image039
Soal:
1) Diketahui persamaan kuadrat clip_image041 dimana akar-akarnya p dan q. Tentukan persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya clip_image043 dan clip_image045.
2) Diketahui persamaan kuadrat clip_image047 dimana akar-akarnya p dan q. Tentukan persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya clip_image049 dan clip_image051.
3) Diketahui persamaan kuadrat clip_image053 dimana akar-akarnya p dan q. Tentukan persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya clip_image055 dan clip_image057
Jawab:
1) Dengan membuat persamaan kuadrat dengan ketentuan clip_image043[1] dan clip_image045[1], diketahui clip_image059 diperoleh clip_image061 dan clip_image063:
clip_image065
clip_image067
clip_image069
clip_image071
clip_image073
b) Dengan membuat persamaan kuadrat dengan ketentuan clip_image049[1] dan clip_image051[1], diketahui clip_image075 diperoleh clip_image077 dan clip_image079:
clip_image081
clip_image083
clip_image085
clip_image087
c) Dengan membuat persamaan kuadrat dengan ketentuan clip_image055[1] dan clip_image057[1], diketahui clip_image089 diperoleh clip_image091 dan clip_image093:
clip_image095
clip_image097
clip_image099
clip_image101
clip_image103


Langkah-langkah Kegiatan
No Kegiatan Waktu
1 Pendahuluan 5
Apersepsi : Mengingat kembali tentang membuat persamaan kuadrat dengan diketahui akar-akarnya. Dibuat sebuah pertanyaan kemudian ditunjuk siswa untuk mengerjakannya.
2 Kegiatan Inti

a. Dari pertanyaan pada awal pembelajaran yang sudah diperoleh persamaan kuadratnya, dibuat pertanyaan untuk mencari persamaan kuadratnya jika akar-akarnya 2 lebihnya dari akar-akar persamaan yang pertama. 3
b. Setelah siswa mampu mengerjakannya, siswa diminta mengerjakan jika akar-akarnya n lebihnya dari akar-akar persamaan yang pertama. 5
c. Kemudian siswa diminta memahami cara menyusun persamaan kuadrat baru jika akar-akarnya n kurangnya dan n kali dari akar-akar persamaan yang pertama. Dijelaskan pada siswa bahwa jika kondisi yang ditentukan pada permasalahan berbeda, maka tinggal mengganti nilai akar-akar yang baru dengan kondisi yang telah ditentukan. 7
d. Kemudian siswa diberi soal untuk dikerjakan. 15

e. Kemudian siswa diperikan rumus praktis untuk beberapa permasalahan penyusunan persamaaan kuadrat dengan kondisi khusus. 5
3. Penutup 5
Guru memberikan tugas utnuk siswa yaitu pada LKS.


SUMBER DAN ALAT BELAJAR
  1. Sumber
1. Gumilar, Hendi. 2008. Matematika 1 kelompok seni, pariwisata, dan teknologi kerumahtanggaan: untuk kelas X SMK. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
  1. Alat
1. Papan tulis (whiteboard)
2. Buku pegangan
3. Spidol boardmaker
Surakarta, 19 Agustus 2010
Guru Pamong, Praktikan
Susilo Sutanti Akbar Abdillah

Mau lihat RPP yang lain, lihat di tugasQ